Jumat, 01 Februari 2013

Resume Bisnis Online


Bisnis Online merupakan sebuah frasa populer dari istilah Electronic Commerce atau biasa disingkat dengan istilah e-Commerce. Secara harfiah, bisnis Online terdiri dari dua kata, yaitu Bisnis dan Online. Bisnis adalah kegiatan menjual barang/jasa untuk mendapatkan profit/keuntungan. Sedangkan Online berarti segala aktivitas yang menggunakan internet dimana kita bisa berkomunikasi atau berhubungan atau terkoneksi dengan banyak orang melalui dunia maya. Jadi Bisnis Online atau e-Business bisa didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang/jasa untuk mendapatkan keuntungan melalui media internet.
Namun menurut Wikipedia Bisnis Online atau yang disebut sebagai  Perdagangan elektronik atau e-dagang  adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti  internet atau televisi, www, atau jaringan komputer  lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing) atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),  pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Sejarah Bisnis Online
Dalam arti sebenarnya, dunia e-commerce telah ada jauh sebelum evolusi teknologi dari penggunaan mesin keajaiban yaitu komputer. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor / ekspor dan usaha mencari alternatif yang layak, yang membentuk global sourcing.
Namun hal ini masih tidak berarti bahwa e-commerce telah ada selama berabad-abad yang lalu. Tetapi menurut catatan yang tersedia, e-commerce tersedia sejak tahun 1984 ketika pertukaran data elektronik diciptakan, yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka dalam banyak hal lebih dapat diandalkan dari cara sebelumnya dalam hal perdagangan internasional.
Catatan pertama dari perusahaan yang membiarkan orang membeli barang dari komputer hadir pada awal 1992 dalam bentuk Compuserve, yang tidak mungkin menawarkan dorongan besar untuk perdagangan internasional, impor / ekspor atau sumber global tapi itu memberikan dasar yang sederhana untuk pengembangan masa depan bisnis online.
Pada tahun 1994, saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman Web, e-bussines telah diperkirakan oleh para jurnalis akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru.
Berikutnya, tahun 1995 adalah saat yang tidak bisa dilupakan karena menandai awal lahirnya dari dua raksasa bisnis online yaitu Amazon dan Ebay yang hari ini tidak membutuhkan pengenalan. Sudah pasti dua perusahaan ini memberikan kontribusi dengan cara mereka sendiri untuk perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global. Tahun 1999, penjualan ritel di internet telah mencapai dua puluh miliar dolar.
Seiring dengan berjalannya waktu, masa depan e-commerce tentu lebih terang dibandingkan dengan situasi saat ini meskipun beberapa ahli mengungkapkan beberapa keprihatinan atas ekspansi pertumbuhan e-commerce dan pengaruh dalam perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.

Macam-macam bisnis online
Sama halnya dengan bisnis biasa, bisnis Online setidaknya juga terbagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang perdangangan barang dan bidang jasa.
a.    Bidang Perdagangan Barang
Dalam bidang perdagangan barang secara Online ini, telah berkembang dari waktu ke waktu. Pada awalnya, perdangan barang secara Online hanyalah merupakan pengembangan strategi pemasaran oleh perusahaan yang sudah mapan. Mereka menawarkan cara belanja baru, dimana dengan surfing ke website yang mereka sediakan, pelanggan bisa langsung berbelanja seperti halnya ketika mereka datang ke gerai/toko secara langsung.
Jika di Amerika ada Amazon, di Indonesia ada banyak juga perusahaan yang berkembang dengan sistem Online, sebut saja bhinneka atau jogjabolic. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan perdagangan secara Online menjadi semakin meningkat. Media yang dipakai pun semakin beragam, mulai dari website konvensional, blog, bahkan jejaring sosial sekelas facebook pun menjadi ajang bisnis yang menguntungkan. Para pedagang seperti ini tidak perlu benar-benar memiliki tempat usaha yang representatif secara fisik/nyata, mereka cukup meng-upload foto barang yang ditawarkan, dan jika ada pelanggan yang berminat, barang bisa dikirim melalui jasa ekspedisi tanpa batasan ruang; bisa antar kota, antar pulau, antar negara, bahkan antar benua.
Dari semua keuntungan diatas, tentu saja tidak semua barang cocok untuk diperdagangkan melalui internet. Menurut saya, barang yang kurang cocok diperdagangkan secara Online, yang pertama adalah jika barang itu berkaitan dengan sentuhan, rasa, dan bau. Misalnya makanan yang mudah basi. Anda bisa bayangkan seandainya ada yang menjual soto secara Online di kota Malang, dan kemudian dipesan oleh pelanggan di Tenggarong, tentu akan menjadi hal yang tidak masuk akal tentang bagaimana ekspedisinya dan kapan sampainya???
Yang kedua yang kurang cocok diperdagangkan secara Online adalah jika rasio antara volume (termasuk berat dan ukuran) dengan harga jual tidak sesuai. Jika volume barang terlalu besar dengan harga jual yang sangat rendah, tentu harga akan membengkak jika diperhitungkan dengan biaya pengiriman/ekspedisi. Misalnya, karena ada penawaran di facebook; tanah urug murah dari Samarinda, hanya 70 ribu per truck. Kemudian ada orang yang pesan 1 truck dikirim ke kota Malang, tentu biaya ekspedisi menjadi bernilai jutaan...
 Namun barang-barang yang kurang cocok bukan berarti tidak bisa sama sekali diperdagangkan secara Online. Barang barang tersebut masih bisa diperdagangkan, tetapi dengan batasan wilayah fisik tertentu; misalnya dengan tambahan kata, “khusus daerah Samarinda” yang artinya hanya bisa dibeli oleh orang yang berdomisili di kota Samarinda.
b.    Bidang Jasa
Dalam bidang jasa, Bisnis Online berkembang jauh lebih cepat. Sebut saja ebay yang merupakan situs jasa promosi paling terkenal didunia. Di Indonesia ada juga situs sejenis antara lain berniaga.com dan tokobagus.com.
Selain bidang promosi masih ada juga macam-macam bisnis Online dibidang jasa, seperti: Jasa Desain Grafis, Jasa pembuatan Website Penulisan Artikel, Copy Writing, Pembuatan Transkrip, Penerjemahan, Melakukan SEO, Pengelolaan Iklan PPC, Coding/pemrograman Software/script, dll.
Sistem Pembayaran dalam Bisnis Online
Ada beberapa sistem pembayaran yang populer dalam bisnis Online diantaranya adalah.
a.    transfer anter rekening bank.
Dalam hal ini biasanya pembeli mentransfer sejumlah uang ke rekening bank milik penjual sebagai pembayaran atas barang/jasa yang dia beli
b.    Menggunakan paypal.
Sistem ini menuntut agar penjual dan pembeli sama-sama memiliki rekening paypal. Pembeli mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual sebagai pembayaran atas barang /jasa yang dia beli.
c.    COD (Cash On Delivery).
Pembayaran mengunakan sistem ini adalah ketika barang di terima oleh pembeli, barulah pembayaran di lakukan secara tunai/kontan.
d.    CCOD (Credit Card On Delivery).
Sistem ini sama dengan sistem COD, hanya saja pembayarannya menggunakan kartu kredit.

Keunggulan dan Kelemahan Bisnis Online
a.    Keunggulan
a.    Tidak membutuhkan tempat yang representatif, bahkan dari warnet sekalipun bisa menjalankan bisnis ini
b.    Penjual dan Pembeli tidak terikat jarak dan waktu
c.    Pembeli dari segala usia dapat melakukan belanja dengan cara ini
d.    Lebih menghemat waktu dan energi

b.    Kelemahan
a.    Barang yang dipajang di toko bisa saja berbeda spesifikasinya dengan yang dikirim
b.    Jika barang yang dikirim tidak cocok spesifikasinya pembeli akan kesulitan melakukan klaim (prosesnya panjang dibanding beli langsung)
c.    Cari toko Online yang memiliki rekam jejak yang baik melalui testimoni cukup sulit, karena bisa saja seseorang membuat testimoni palsu
d.    Toko Online sangat bergantung pada kurir/perusahaan jasa pengiriman sehingga harus teliti dengan jasa pengiriman mana toko Online itu bekerja sama

Pengaruh Bisnis Online Terhadap Perekonomian Masyarakat Di Indonesia
Sebagai sektor perekonomian yang baru, bisnis Online di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat Indonesia yang masih tradisional. Indonesia sebagai negara berkembang yang berusaha meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya tentu saja membutuhkan sektor perekonomian yang baru. Dan bisnis Online merupakan salah satu jawabannya.
Perkembangan bisnis Online yang cukup pesat, dapat mempermudah masyarakat dalam memulai suatu bisnis yang baru. Karena dalam bisnis Online tidak memerlukan biaya yang besar untuk membuat tempat usaha. Sehingga dengan modal kecil sekalipun siapapun dapat memulai bisnisnya.

KESIMPULAN
Dengan adanya bisnis Online, secara umum telah banyak membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dunia. Walaupun ada beberapa sisi buruk dalam bisnis Online namun manfaatnya jauh lebih banyak dan bisa dirasakan oleh banyak orang. Pada prinsipnya bisnis Online turut berperan dalam peningkatan perekonomian masyarakat.  Sehingga tidak heran jika bisnis Online berkembang pesat dan menjadi populer dalam masyarakat modern.

(Tugas dari Pak Yogi - STIE Tenggarong jurusan Manajemen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar